Bagaimana Cara Meninggalkan Bisnis Anda

Bagaimana Cara Meninggalkan Bisnis Anda
Bagaimana Cara Meninggalkan Bisnis Anda

keluar bisnis perusahaan Sang pendiri Stonyfield Farm ini menjelaskan mengapa dia mundur sebagai CEO ? dan pelajaran yang dia pelajari sepanjang jalan.

Woody Allen menyentuh masalah ini, kata Gary Hirshberg, pendiri dan pemilik Stonyfield Farm kepada 400 orang hadirin di Inc?s Leadirship Forum ketiga. Dia berkata, ?Saya tidak takut akan kematian. Saya hanya tidak mau di sini ketika hal itu datang. Saya pikir itulah mengapa sangat sulit untuk memikirkan meninggalkan bisnis Anda, tapi hari itu akan datang juga.?

Dia merujuk pada akhir perjalanannya, yang dimulai dari mendirikan Stonyfield di tahun 1983 dan memutuskan untuk turun di Januari ini.  Keinginan itu sudah ada sejak tahun 2011, saat dia memutuskan untuk bergabung dengan pesaing terbesarnya, Group Danone. Danone setuju untuk membeli 85 persen saham Stonyfield dalam periode dua tahun, bersamaan dengan mempertahankan Hirshberg sebagai CEO dan membiarkannya mengisi tiga dari lima kursi dewan Stonyfield, dengan demikian memberinya kontrol operasi.

Sampai dekade selanjutnya, Stonyfield semakin tumbuh di bawah kepemimpinan Hirsherg, hingga mencapai lebih dari 370 dolar AS untuk penjualan rutin. Selama itu, Stonyfield memperkenalkan inovasi setelah mengubah industrinya secara revolusioner dan menciptakan standar bisnis yang sangat baru dan tinggi untuk mempromosikan (stewardship) lingkungan.

Hirshberg tidak hanya diinginkan datang untuk sebatas membicarakan hal itu. Dia terutama diminta untuk berbagi dengan hadirin kesalahan yang pernah ia perbuat dan pelajaran yang ia dapatkan. Berikut adalah enam di antaranya:

Perjelas apa yang Anda lakukan, dan jangan tepaku dengan kerangka yang sudah ada. Mempunyai dewan penasihat pribadi yang dapat memperingatkan Anda saat kehilangan fokus, karena Anda tidak akan melihat sampai semua terlambat. Saat semuanya berjalan dengan baik, tetapi Anda tetap merasa ada yang kurang, ambil cuti panjang dua tiga bulan.

Dalam mencari pengganti, penting untuk bertemu lebih lanjut sebelum membuat kesepakatan. Ingat Anda tidak akan tahu bisa cocok tanpa pernah bekerja sama, dan akan ditangani orang kesayangan yang sangat berharga. Jangan menganggap remeh rasa was was yang diakibatkan dari kepergian Anda. Pastikan Anda memberi orang-orang peringatan yang cukup, jadi mereka mempunyai waktu untuk menyiapkan diri secara emosional.

Jangan menghitung hitung apa yang telah Anda lakukan. Lakukan yang dilakukan sekarang. Yang lalu biarlah berlalu. Anda tidak dapat kembali dan mengubahnya. Yang terbaik adalah memprediksi masa depan dan menemukannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*